Selasa, Februari 21, 2012

Tips Aman Belanja Online

Belanja secara online memang mudah dan menyenangkan, Anda tinggal duduk di depan komputer, anda bisa memilih dan memesan barang yang diinginkan dan setelah transaksi terjadi, kita tinggal menunggu barang datang ke tempat anda.

Ada beberapa hal-hal penting yang perlu anda perhatikan agar belanja online Anda aman dan nyaman sehingga anda tidak mengalami kerugian.

Berikut beberapa tips agar belanja online lebih aman dan nyaman:

1. Memeriksa identitas/status penjual
Pastikan penjualnya memiliki reputasi yang bagus. Periksa apakah penjual tersebut memiliki alamat yang jelas. Hati-hatilah jika penjual hanya mencantumkan nomor telepon serta alamat email.

2. Berhati-hati dalam memberi informasi

Jangan pernah memberi tahu informasi seperti nomor PIN, password atau nomor penting lainnya yang berhubungan dengan keuangan Anda. Penjual tidak membutuhkan hal itu, jadi jika ada kolom yang menanyakan hal tersebut lebih baik diabaikan saja.

3. Memastikan komputer terdapat aplikasi proteksi
Pastikan komputer anda menggunakan aplikasi proteksi seperti antivirus,aplikasi firewall, enkripsi atau anti-phishing untuk mencegah terjadinya pencurian identitas.

4. Jika meragukan, sebaiknya anda tinggalkan saja
Harga yang murah, kemasan dan tampilan yang menarik, dan pilihan barang yang beragam memang sangat menggoda konsumen. Hal-hal seperti inilah yang dapat digunakan sebagai jebakan oleh situs online ilegal/palsu untuk menarik korbannya. Maka jika Anda masih ragu akan identitas/status si penjual, lebih baik cari situs lain yang sudah terpercaya.

5. Jangan tergiur harga murah dan diskon tinggi
Harga yang terlalu murah dan diskon yang terlalu tinggi dan cenderung tidak masuk akal kadang merupakan jebakan untuk mengelabui konsumen.

6. Merubah password secara berkala
Pada Saat melakukan transaksi belanja online, biasanya Anda memiliki akun tersendiri yang mana didalamnya disertakan password. Ganti password secara rutin dan lakukan log-out setiap selesai melakukan transaksi.

Semoga Bermanfaat.....

0 komentar:

Posting Komentar