Selasa, Mei 11, 2010

Facebook Siapkan Fitur Info Lokasi

Jakarta - Beberapa waktu lalu, telah banyak spekulasi kemunculan fitur info lokasi pada Facebook. Hampir dipastikan fitur ini segera hadir. Seperti pepatah lama, 'kode tak pernah menipu'.

Kepastian fitur tersebut muncul dari javascript situs Facebook versi touch.facebook.com yang merupakan aplikasi Facebook bagi ponsel layar sentuh.

Seperti dikutip detikINET dari Techcrunch, Senin (10/5/2010), dalam javascript situs tersebut ada sesuatu yang baru bernama 'places_tab'. Sayangnya hingga kini pihak Facebook belum mengaktifkannya.

Berdasarkan kode tersebut, sepertinya Facebook bakal meluncurkan versi mobile dengan komponen lokasi berbasis HTML5. Alhasil Facebook bakal menghadirkan layanan berbagi info lokasi, mengingat banyak penggunanya yang membuka Facebook dari ponsel.

Fitur lokasi ini akan memiliki dua aspek. Pertama akan memungkinkan user untuk saling berbagi informasi lokasi mereka, dan yang kedua memungkinkan developer pihak ketiga untuk menawarkan layanan berbasis lokasi kepada pengguna Facebook.

Melihat hal ini, sepertinya Facebook tak mau kalah oleh Foursquare dengan fitur lokasinya. Sayangnya, kode tersebut sementara ini hanya ditemukan di versi Facebook layar sentuh. Apakah Facebook memiliki rencana lain? Kita tunggu saja. (detik.com)

0 komentar:

Posting Komentar