Kamis, Mei 27, 2010

Fitur Baru Google, Belum Sehebat Foursquare

Google Latitude merupakan fitur Google yang menyajikan layanan lokasi. Meski tak diposisikan sebagai jejaring sosial populer macam Foursquare, namun fitur ini mampu membaca lokasi mana saja yang dilewati teman kita. Tapi jangan bandingkan Google Latitude dengan Foursquare, karena posisinya memang berbeda.

Fitur bernama history dashboard yang masih dalam tahap beta ini bakal menampilkan update lokasi-lokasi yang telah kita lalui. Jadi teman-teman kita pun bisa melihat history koordinat kita.

Sayangnya pengguna tidak bisa mengumpulkan badge atau melakukan check-in seperti pada Foursquare. Setidaknya langkah Google ini bakal membawa layanan Latitude ke jenjang yang lebih baru.

Pengguna pun dapat mengaktifkan fitur dashboard ini pada ponsel mereka masing-masing, dengan mengkatifkan history koordinat mereka. Dalam beberapa saat history tersebut bakal muncul pada menu dashboard.

Untuk menjalankan layanan ini tentu saja pengguna harus memiliki perangkat yang mendukung layanan ini, seperti pada Android dan BlackBerry. Dikutip detikINET dari blog Google Mobile, Kamis (27/5/2010), sayangnya hingga kini fitur tersebut belum ada di iPhone.

Google mengklaim lebih dari 3 juta penguna telah menggunakan layanan Google Latitude. Beberapa waktu lalu, Google telah meluncurkan API Latitude. Kini fitur baru bernama dashboard hadir. Sepertinya Google tengah berkonsentrasi untuk membuat layanan berbasis lokasinya kian menarik. (detik.com)

0 komentar:

Posting Komentar